Bagaimana Memulai untuk Menulis

sebagian orang menilai menulis adalah pekerjaan seorang jurnalis, sastrawan, novelis, atau orang orang yang pekerjaannya selalu berhubungan dengan tulis dan menulis. tapi tidak juga siapa saja bisa menulis tergantung sejauh mana daya imajinasi nya. yang terpenting adalah tulisan itu bisa di baca, di cerna, di mengerti, dan bermanfaat bagi pembacanya. tidak terlalu penting mungkin tulisan itu harus memiliki kata kata yang terkesan seperti penulis banget gitu loh...hehehe kata anak gaul tuh. apa lagi buat kamu yang masih awam dengan menulis.
mungkin kamu bingung dari mana ya saya harus memulai nya terlebih dahulu ?

tapi gampang kok jangan khawatir saya akan membantu kamu. untuk memulai/belajar menulis minimal kamu harus memiliki perbendaharaan kata dan kalimat. misalnya saja kata - kata istilah (istilah,politik,kedokteran,hiburan,musik,anak gaul,englis gaul, entertainment dll). kedua, kamu harus banyak membaca tulisan orang seperti majalah, koran, buku, posting2x di blog, dll. lihat gaya bahasa dari tulisan2x mereka, setiap penulis mungkin bisa berbeda2x gaya tulisan nya walaupun intinya sama. ada yang menulis dengan sedikit sentuhan dengan bahasa-bahasa gaul atau englis gaul. seperti kata ”guy’s” , ”so”, ”stay tune” dan lain-lain sebagai nya. agar pembaca tidak merasa bosan kamu bisa memasukan kalimat2x yang sifat nya interaktif misal nya. “bisa ngga ya?, “ah ngga juga”,“capek nih… hehehe”, “bosen ya.?”, “sabar ya..”. buatlah suasana tulisan kamu seramah mungkin agar pembaca tidak bosan saat membaca tulisan kamu, intinya agar tidak ada perbedaan dalam penyampaian secara lisan dan tulisan. karena kita lebih dapet kalau di sampai kan secara lisan dari pada secara tulisan. benar kan.? heheheheh.....

Baiklah untuk tahap awal kamu bisa melakukan nya begini : baca satu artitel bebas yang intinya kamu suka dengan membaca tulisan itu, setelah kamu baca dan kamu hayati coba kamu tuangkan atau tulis kembali hasil dari tulisan yang sudah kamu baca tadi kemudian kembangkanlah tulisan tersebut. lakukan terus menerus sampai kamu bisa/mahir dalam menulis. nah gampang kan..? intinya kamu sudah bisa menulis walaupun yang kamu tulis adalah hasil dari tulisan orang paling tidak kamu sudah bisa menulis, itu artinya kamu sudah bisa menggunakan daya imajinasi kamu menuangkan suatu pikiran ke dalam sebuah tulisan, “jangan pernah takut untuk mencoba karena kita tidak akan pernah tahu kalau tidak pernah kita coba. sebuah keberhasilan tergantung dari persiapan. semakin baik persiapan kita maka akan semakin baik pula hasil yang kita dapat kan”.

2 komentar:

  1. poitive tips... makasih sob....

    http://1001processor.blogspot.com/2009/06/processor-amd-phenom-x4-quad-core-model_6469.html

    ReplyDelete
  2. Nice blog. Keep blogging in future....

    ReplyDelete

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Recent Post