SoftWare DAW, Fruity Loops, Making Musik Midi Easzy.

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengenal, bahkan mahir menggunakan software ini. Namun, tentu banyak juga di antara Anda yang belum mengenalnya, bukan? Nah, untuk Anda yang belum mengenal software ini, penulis akan mengajak Anda berkenalan dengan software pembuat lagu yang bernama Fruity Loops.

Fruity Loops Studio merupakan software audio yang sudah sangat popular di kalangan penyuka musik digital saat ini. Software Fruity Loops memiliki tampilan antarmuka yang sangat user friendly atau bersahabat dengan pengguna pemula sekalipun. Dengan keunggulan tampilan antarmuka yang dimilikinya, tidaklah mengherankan jika software ini banyak diakui sebagai sahabat musisi digital.
Membuat Lagu dengan Fruity Loops

Anda ingin belajar membuat lagu dan aransemen sendiri layaknya Ahmad dhani atau musisi sukses lainnya? Tenang, jangan berkecil hati. Dengan bantuan software Fruity Loops Anda pun bisa membuat sebuah lagu yang berkualitas dan enak didengar. Syarat utamanya adalah dengan memasang software ini di komputer Anda, lalu mainkan kreativitasmu.

Ya, Fruity Lopps Studio merupakan sebuah software audio yang memiliki kelengkapan fitur untuk mendukung penciptaan lagu hanya dengan menggunakan komputer. Software ini memiliki instrumen musik dan alat-alat lainnya layaknya yang dimiliki sebuah studio musik. Selain itu, software ini juga memiliki aneka plugin suara yang dapat melengkapi lagu, loops, backing track, atau sizzling beats.

Hasil akhir dari kreasi Anda bisa disave ke dalam beberapa format audio, seperti WAV, MP3, MIDI, ZIP, atau format aslinya, FLP. Selain bisa dinikmati sendiri, Anda pun bisa membagi hasil kreasi Anda ke banyak teman dengan cara menguploadnya ke dalam sebuah situs (4shared, ziddu, dan lainnya), lalu mengirimkan link uploadnya ke teman yang Anda kenal.
Fitur-fitur dalam Fruity Loops

a. Instrumen

Fruity Loops mampu membuat aneka suara karena memiliki setidaknya 29 virtual synthesizers yang terdiri atas acoustic atau synthetic bass, gitar listrik, simulasi plucked string, termasuk general sample playback, beat-slicing, alat sampler piano, serta berbagai teknik sintesis (subtractive, modelling, FM, granular dan tambahan) lainnya. Selain itu, kehadiran Fruity Loops Synthmaker memungkinkan Anda untuk membuat sendiri aneka instrumen lainnya.

b. Audio Recording dan Editing

Fruity Loops mampu merekanm suara dari satu vocal maupun orkestra dan merekam hingga 64 audio track secara bersamaan. Selain itu, workspace playlistnya mampu menampung jumlah audio track yang tidak terbatas sehingga Anda dapat leluasa untuk melakukan pengaturan waktu, memotong,mengedit, maupun menghapus bagian audio yang tidak Anda perlukan.

c. Sequencing, Mixing, dan Mastering

Fruity Loops mampu merekam performance yang berbasis sequence, termasuk langkah-langkahnya. Selain itu, mixer atau program mastering dalam software ini termasuk ke dalam mixer yang paling kuat di kelasnya. Sedangkan proses mastering dalam software ini menggunakan multiband compression atau limiting and parametric EQ.
Fruity Loops Indonesia

Saat ini, pencinta Fruity Loops bisa berbagi pengalaman atau hasil kreasi buatannya dengan sesama pencinta lainnya dalam sebuah forum resmi yang dinamai Fruity Loops Indonesia. Selain berbagai pengalaman dan hasil karya, para pencinta Fruity Loops juga bisa saling berbagi ilmu atau melakukan tanya jawab seputar software kesayangan mereka.

Sampai saat ini, tercatat ada sekitar 150 anggota forum ini yang berasal dari berbagai daerah di tanah air. Anda bisa bergabug ke dalam situs ini dengan cara mengunjungi alamat: http://indofruityloops.webs.com/apps/members.

Sumber : http://www.anneahira.com/

0 komentar:

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Recent Post